Selasa, 08 Agustus 2017

Penyebab Hasil Print Jelek dan Cara Mengatasinya


Hello, sudah lama ndak update tulisan di blog ini. karena kesibukan kerja baru bisa menulis lagi.
kali ini saya akan membahas mengenai "Penyebab hasil print jelek, terputus dan cara mengatasinya". bicara tentang hasil print atau cetak, berarti kita berbicara mengenai printer (khusus printer tinta).


langsung aja, kenapa hasil cetak kita jelek, terputus atau bergaris sepert tintanya tidak keluar. memang ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam mengoperasionalkan sebuah printer, antara lain :

1. Wajib dipakai berkelanjutan
Dalam hal ini, printer yang sudah pernah digunakan untuk melakukan cetak ke atas kertas, sebaiknya berkelanjutan minimal 1 hari sekali digunakan untuk melakukan cetak. printer yang sudah pernah dipakai cetak, jika dalam kurun waktu yang lama tidak digunakan kembali, maka bisa menyebabkan kekeringan di katride printer dan menyumbat pori-pori tinta. akibat pori-pori tersumbat maka ketika dipakai lagi buat cetak tinta pada saluran pori tersebut tidak keluar dan hasil cetak akan bergaris putih.

2. Wajib Isi Ulang Tinta Sebelum kehabisan
maksud dari wajib isi ulang tinta sebelum kehabisan adalah ketika memakai printer tinta usahakan tinta dalam katride mencukupi untuk cetak. jika sampai terjadi kehabisan sewaktu masih dalam proses cetak maka tinta tidak akan keluar, dan hasil cetak akan bergaris atau jelek.


untuk mengatasi kejadian tinta kering, anda bisa lakukan pembersihan di head katride dengan sedikit alkohol supaya tinta yang kering bisa terurai dan tidak menutup pori-pori katride, kemudian clean head katride secara software.
sedangkan untuk tinta yang kehabisan dalam proses cetak, ternyata ketika diisi ulang belum juga ada hasil yang bagus, bisa dilakukan dengan cara maintenain printer bersihkan/clean head katride.

langkah clean head catride
-> pilih printer propertis (klik kanan printer)
-> pilih tab Maintenance
-> Pilih tombol cleaning
-> pilih tombol execute
-> test hasil
-> jika belum berhasil coba pakai tombol Deep Cleaning
-> Lakukan test printing kembali
-> Jika hasil masih jelek, cek katride apakah ada tinta berlebih pada head (biasanya jika menggunakan Deep cleaning pembersihan akan berlebihan tinta, sehingga perlu dibersihkan)

semoga bermanfaat.

NB : Jika pingin hasil yang sempurna seperti printer baru, ganti katride dengan katride baru. jangan isi ulang :)

Tidak ada komentar:
Write komentar