Minggu, 21 Januari 2018

Satu Hal Penting yang Sering Diabaikan Seorang Blogger

Anda seorang blogger? kalau benar seorang blogger, mungkin ini satu hal yang sangat penting yang sering diabaikan bagi seorang blogger. Saya tidak menghakimi kalau semua blogger akan mengabaiakan, terutama yang sudah tingkat mahir atau yang pernah mengalami kejadian yang bikin frustasi, walaupun saya sendiri belum mengalaminya.


langsung saja hal yang terpenting adalah backup data, ya... anda seorang blogger sejati dengan konten original hasil tulis tangan anda sendiri dan bahasa anda sendiri, tentu tidak ingin mengalami kejadian yang tidak mengenakan, kelihangan seluruh konten yang sudah anda tulis. kalau hanya satu dua tulisan mungkin tidak membuat gusar. coba anda banyangkan tulisan anda yang jumlahnya sudah ratusan, karena mungkin kesalahan teknis pihak google (kalau anda pakai blogger) data hilang semua atau, ada pihak lain yang tidak senang dan menghack situs anda, serta menghapus semua konten, bisa anda bayangkan bagaimana rasanya?

well.. ini tidak hanya berlaku buat yang pakai blogspot, tapi juga yang memakai selfhosting harus jaga-jaga akan hal ini. tetapi untuk posting saat ini saya tulis cara backup data di blogger blogspot.

Langkah- langkah yang bisa dilakukan.
1. Login kedalam Akun Blogger kamu

cara backup konten blogspot

2. pada Dasboard >> pilih menu Setting >> lainnya
3. Pilih Tombol "backup konten"
4. Simpan ke Komputer
5. otomatis blog akan ke backup ke komputer dengan file : blog-dd-mm-yyyy.xml
6. Backup Selesai

Silahkan backup konten anda, jangan sampai anda menyesal tidak mempunyai cadangan data jika hal yang diatas benar menimpan anda.
selamat mencoba



Tidak ada komentar:
Write komentar